Kreatif, Guru di Bekasi Ini Ciptakan Model Pembelajaran Game Interaktif Khusus ABK

Minggu, 20 November 2022 – 22:00 WIB
Kreatif, Guru di Bekasi Ini Ciptakan Model Pembelajaran Game Interaktif Khusus ABK - JPNN.com Jabar
Flibianto, guru di SLBN Kabupaten Bekasi yang berhasil menciptakan sebuah game interaktif untuk muridnya belajar. Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, BEKASI - Demi memudahkan pembelajaran daring, seorang guru di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) di lingkungan Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah III Jawa Barat menciptakan sebuah game interaktif untuk muridnya.

Guru tersebut adalah Flibianto, pengajar yang mana peserta didiknya adalah tuna rungu dan tuna grahita, di mana cenderung sulit konsentrasi apabila menjalani sekolah daring.

Flibianti pun akhirnya berhasil membuat inovasi digital, yaitu metode pembelajaran game interaktif untuk Anak Berkebutuhan Khusu (ABK).

Inovasi digital ini dapat diakses dalam portal web http://belajar.slbnsurade.sch.id/.

Di dalamnya berisi materi pembelajaran dasar seperti pengenalan diri, belajar soal huruf, bilangan, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

Agar memudahkan dan bisa dimengerti muridnya, dia mengemas materi-materi tersebut menjadi sebuah permainan yang bisa diakses melalui ponsel dan juga laptop.

“Semuanya ada sekitar 30 game, dan ada juga video. Jadi, meskipun tidak online tetapi pembelajaran masih dapat dilaksanakan oleh siswa, sehingga dapat menghemat kuota mereka juga,” katanya dalam keterangannya, Minggu (20/11).

Berbagai pembelajaran itu terkumpul lengkap dalam portal tersebut, mulai dari menyatakan huruf menjadi satu kata, pelajaran matematika dasar seperti hitungan, pengenalan diri seperti anggota tuh, hingga belajar membaca dengan tampilan layaknya bermain games.

Seorang guru di Bekasi berhasil menciptakan metode pembelajaran game interaktif khusus siswa ABK. Materi dikemas dalam bentuk permainan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News