HKN 2022, Bio Farma Ajak 250 Nakes Teladan Melihat Produksi Vaksin Covid-19 IndoVac

Selasa, 15 November 2022 – 10:15 WIB
HKN 2022, Bio Farma Ajak 250 Nakes Teladan Melihat Produksi Vaksin Covid-19 IndoVac - JPNN.com Jabar
HKN 2022, Bio Farma Ajak 250 Nakes Teladan Melihat Produksi Vaksin Covid-19 IndoVac. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bio Farma menerima kunjungan dari 250 tenaga kesehatan (nakes) teladan bersama Pimpinan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI di kantor Pusat Bio Farma, Pasteur, Kota Bandung, Minggu (13/11).

Terdapat lima kategori tenaga kesehatan teladan. Di antaranya, 9 jenis tenaga kesehatan yang ada di puskesmas, 13 jenis tenaga kesehatan rumah sakit umum daerah dari berbagai provinsi, 13 jenis profesi dari tenaga rumah sakit vertikal milik pemerintah, kemudian dari daerah tertinggal kepulauan dan perbatasan dan satu lagi dari kader kesehatan posyandu.

Kunjungan para nakes ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi vaksin Covid-19 di Bio Farma. Selain itu, kunjungan ini juga sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang dijadikan momentum bagi Holding BUMN Farmasi, untuk melakukan transformasi digital dalam bidang kesehatan.

Transformasi yang dilakukan dari hulu hingga hilir, akan menciptakan ketersediaan (Availability) layanan kesehatan, kemudahan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan (Accessibility), pelayanan kesehatan yang dapat diterima oleh masyarakat, (Acceptability), layanan kesehatan dengan harga yang terjangkau (affordable), dan yang terpenting layanan kesehatan yang berkesinambungan (Sustainability).

“Dengan berkunjung ke Bio Farma diharapakan tenaga kesehatan teladan mengetahui dari hulu proses produksi vaksinasi dan hilirnya adalah tenaga kesehatan sebagai tenaga pelaksana di lapangan” ucap Sekretaris Konsil Kedokteran Indonesia, Imran Agus dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Selasa (15/11).

Sementara itu, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menuturkan, pihaknya menyambuk baik kunjungan para nakes teladan dan berharap dapat memberikan peningkatan wawasan dan pengetahuan terkait Produksi Vaksin, antisera dan produk-produk Biologi (Life Sciences).

Menurutnya, para tenaga kesehatan memiliki peranan yang sangat penting dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Bahkan, kata Honesti, penyematan pahlawan kepada para tenaga kesehatan, tidak perlu diragukan lagi.

Hari Kesehatan Nasional, BUMN Bio Farma menerima kunjungan 250 nakes teladan untuk melihat produksi vaksin Covid-19 IndoVac.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News