Ratusan Nakes RS Hermina Depok Ikuti Vaksinasi Influenza

Jumat, 19 Juli 2024 – 11:00 WIB
Ratusan Nakes RS Hermina Depok Ikuti Vaksinasi Influenza - JPNN.com Jabar
Direktur RS Hermina Depok, dr Lies Nugrohowati saat vaksinasi influenza. Foto : Lutviatul Fauziah/jpnn

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ratusan tenaga kesehatan (nakes) RS Hermina Depok mengikuti vaksinasi di Hermina Autoimmune, Vaccination dan Allergy Immunology Clinic (H-AVIC).

Ketua Tim H-AVIC yang juga Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, DR. dr Sukamto Koesnoe, SpPD KAI, FINASIM mengatakan vaksin ini diberikan untuk mencegah tertular atau menularkan virus influenza.

“Virus influenza ini akan menyebabkan seseorang memiliki gejala seperti batuk, sakit tenggorokan dan nyeri sendi,” ucapnya.

Tak hanya itu, dirinya menjelaskan bahwa virus influenza ini juga dapat menyebkan komplikasi kepada kelompok rentan seperti penderita komorbid dan orang tua.

“Misalnya, komplikasi pada radang paru, radang otak dan juga akan terjadi pemberatan penyakitnya, jadi kalau orang kencing manis, gula darahnya menjadi tidak terkontrol,” terangnya.

Dirinya menuturkan bahwa tenaga kesehatan (Nakes) menjadi prioritas dalam pemberian vaksin influenza agar tidak tertular dan menularkan ke pasien.

“Karena Nakes menjadi kelompok pekerjaan yang rentan terinfeksi virus influenza, karena berhadapan langsung dengan pasien,” tuturnya.

Tidak hanya untuk Nakes, vaksin influenza juga bisa diberikan kepada masyarakat mulai dari usia enam bulan hingga lanjut usia.

Untuk mencegah tertular dan menularkan influenza, ratusan nakes RS Hermina Depok ikuti vaksinasi influenza
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News