Siap-siap! Tugas Camat di Kabupaten Bogor Akan Lebih Berat

Kamis, 10 November 2022 – 21:45 WIB
Siap-siap! Tugas Camat di Kabupaten Bogor Akan Lebih Berat - JPNN.com Jabar
Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan. Foto : Dokumen Diskominfo Kabupaten Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor berwacana untuk menambah kewenangan camat sebagai kepanjangan tangan pemerintah daerah di wilayah, untuk memaksimalkan kualitas pelayanan.

"Camat adalah perwakilan atau kepanjangan tangan bupati di wilayah, sehingga camat seharusnya tak hanya menampung aspirasi kebu­tuhan masyarakat, tetapi juga dapat memberikan solusi yang langsung dapat dira­sakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Kamis (10/11).

Menurutnya wacana tersebut juga telah didiskusikan bersama para camat se-Kabupaten Bogor melalui Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Optimalisasi Peran Kecamatan dalam Penyelenggaraan Pemerinta­han dan Pelayanan Publik" di Sentul, Bogor pada Selasa (8/11).

Dia menyebutkan Pemerintah Kabupaten Bogor segera menyusun kebijakan mengenai pelimpahan kewenangan ke­pala daerah kepada camat.

"Jika wewenang sudah dilim­pahkan, kinerja camat akan semakin terukur dan akunta­bel, serta lebih banyak po­tensi di wilayah yang term­anfaatkan," ujarnya.

Iwan menerangkan dengan pelimpahan kewenangan, re­spons pemerintah terhadap aduan masyarakat akan lebih cepat dilakukan, khususnya mengenai hal dasar.

Lagi pula, jika tidak dilim­pahkan akan memakan wak­tu lebih panjang jika harus menunggu dikerjakan perang­kat daerah teknis.

"Saya meminta sekda melalui ba­gian tata pemerintahan me­nyusun regulasi sebagai pe­doman pelaksanaan pelim­pahan kewenangan ke camat. Inventarisasi setiap urusan pemerintahan, terutama yang terkait pelayanan kepada ma­syarakat," kata Iwan.

Pemkab Bogor berencana akan menambah kewenangan para camat, sebagai kepanjangan tangan pemerintah daerah di wilayah. Para camat harap bersiap!
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News