Kominfo dan Kemendagri Luncurkan Aplikasi Pembelajaran Literasi Digital untuk ASN

Kamis, 10 November 2022 – 20:08 WIB
Kominfo dan Kemendagri Luncurkan Aplikasi Pembelajaran Literasi Digital untuk ASN - JPNN.com Jabar
Perkuat literasi digital di sektor pemerintahan, Kemenkominfo luncurkan MOOC yang terintegrasi dengan aplikasi 'Sikuat' milik BPSDM Kemendagri. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), meluncurkan Massive Open Online Course (MOOC) Literasi Digital Sektor Pemerintahan.

Adapun MOOC sendiri merupakan pelatihan online yang tersedia bagi ASN Pusat atau Daerah, TNI dan Polri yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun. MOOC Literasi Digital Sektor Pemerintahan, berada dalam Learning Management System (LMS) 'Sikuat' Kemendagri.

"Terdapat 4 materi utama yaitu Budaya Digital, Etika Digital, Keamanan Digital dan Keterampilan Digital," ucap Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo RI, Bonifasius Wahyu Pudjianto di Bandung, Kamis (10/11).

Lebih lanjut, Wahyu berharap, dengan adanya MOOC dalam aplikasi 'Sikuat' kemampuan literasi digital ASN, TNI-Polri dapat terus meningkat dengan baik.

"Diharapkan dengan Kolaborasi ini semakin banyak ASN Pusat dan Daerah, TNI dan Polri yang dapat secara mandiri mengakses materi-materi Literasi Digital Sektor Pemerintahan," ujar Wahyu.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Sugeng Hariyono mengatakan, dengan adanya MOOC yang terintegrasi dengan 'Sikuat' diharapkan para ASN atau PPPK sekalipun dapat mendapatkan pelatihan secara mandiri, khususnya dalam hal meningkatkan kompetensi literasi digital.

"Ini dipastikan akan memudahkan bagi siapapun PNS, PPPK yang ingin mengikuti suatu prpgram pelatihan darimanapun kapanpun sudah online melalui MOOC," ujar Sugeng.

"Jadi program pelatihan sangat masif bisa kami laksanakan terbuka untuk siapapun untuk mengakses, dan kami tidak bisa sendiri, kami terus disuport oleh kominfo," sambungnya.

Perkuat literasi digital di sektor pemerintahan, Kemenkominfo luncurkan MOOC yang terintegrasi dengan aplikasi 'Sikuat' milik BPSDM Kemendagri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News