Keren! Wirausaha TDA Menyumbang Rp42 Triliun Untuk PDB Indonesia

Selasa, 08 November 2022 – 23:30 WIB
Keren! Wirausaha TDA Menyumbang Rp42 Triliun Untuk PDB Indonesia - JPNN.com Jabar
Presiden TDA 7.0 Ibrahim M Bafaqih dalam konferensi pers ‘Pesta Wirausaha Nasional’ di Kota Bandung, Selasa (8/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Para wirausaha yang tergabung dalam komunitas Pengusaha Tangan Di Atas (TDA) berkontribusi dalam pendapatan nasional sebesar Rp 42 triliun atau 0,25 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Nilai itu diambil sepanjang tahun 2022 dengan beberapa sampel dari pengusaha level mikro dengan omzet di atas Rp 50 miliar.

“Jadi, yang terdaftar dalam TDA itu kami ambil beberapa sampel dari pengusahan yang levelnya mikro dengan yang omzetnya di atas Rp 50 miliar, bahkan mungkin ada yang sampai ratusan miliar. Itu kami kalkulasi kurang lebih Rp 42 triliun,” kata Presiden TDA 7.0 Ibrahim M Bafaqih dalam konferensi pers ‘Pesta Wirausaha Nasional’ di Kota Bandung, Selasa (8/11).

Selain pendapatan nasional, wirausaha ini juga menyerap angkatan kerja kurang lebih hingga 200.000.

Ibrahim mengungkapkan selama pandemi Covid-19, sektor bisnis pelaku usaha sangat terdampak.

Namun, justru tidak seluruhnya tiarap, beberapa ada yang bertahan dan bahkan meraih omzet di masa pandemi kemarin.

“Sebelumnya, bisa jadi lebih besar karena memang saat pandemi berkurang sekitar 30 sampai 40 persen. Karena tidak semua tiarap, mungkin masih ada seperti di industri kesehatan seperti di APD, masker, agribisnis. Itu ada kegiatan di sana,” ujarnya.

Maka dari itu, supaya menyemangati para pelaku usaha, pihaknya terus memotivasi supaya bisnis yang dijalaninya bertahan.

Komunitas Pengusaha Tangan Di Atas (TDA) berkontribusi dalam pendapatan nasional sebesar Rp 42 triliun atau 0,25 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News