Demi Menyuburkan Lahan dan Meningkatkan Panen, Kementan Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

Selasa, 08 November 2022 – 22:22 WIB
Demi Menyuburkan Lahan dan Meningkatkan Panen, Kementan Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik - JPNN.com Jabar
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto:Dokumentasi Kementan

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong para petani untuk menggunakan pupuk organik supaya membantu merehabilitasi tanah.

Sebabnya, selama ini penggunaan pupuk anorganik yang sudah berlangsung lebih dari 30 tahun secara intensif dan berlebihan menyebabkan degradasi mutu lahan.

Degradasi itu disebabkan karena kerusakan struktur lahan, soil sickness (tanah sakit) dan soil fatigue (kelelahan tanah).

Tentunya hal ini pun dilakukan supaya dapat menutupi inefisiensi penggunaan pupuk anorganik atau kimia yang terjadi selama ini.

Bentuk nyata dukungan pemerintah dalam hal ini, yakni dengan mengembangkan pembuatan pupuk organik tersebut dalam bentuk fasilitas seperti kegiatan pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO).

Sehingga petani dapat menyediakan pupuk organik secara mandiri di lingkungan pertaniannya masing-masing.

Manfaat UPPO tersebut sudah mulai dirasakan oleh para petani, salah satunya Dodih. Petani asal Kabupaten Bandung itu menyampaikan berkat program UPPO lahan petaniannya kembali subur, sehingga berdampak pada hasil kebunnya.

“Yang paling kami rasakan itu, tanah kembali subur dan gembur juga dapat berpengaruh pada hasil tani kami,” katanya dalam keterangan resminya, Selasa (8/11).

Kementerian Pertanian mendorong para petani agar beralih menggunakan pupuk organik ketimbang anorganik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News