Jabar Bakal Tambah 45 SPKLU di Daerah

Senin, 31 Oktober 2022 – 14:57 WIB
Jabar Bakal Tambah 45 SPKLU di Daerah - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal menambah jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di setiap daerah.

Kepala Dinas ESDM Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih menuturkan, saat ini jumlah SPKLU yang sudah beroperasi ada 151 unit yang dibangun Pemprov hasil kerja sama dengan pihak swasta dan PLN. 

Jumlah ini sisa sedikit lagi dari harapan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) Kementerian ESDM yang menargetkan 196 unit SPKLU dibangun di Jabar.

“Terakhir kami inventarisir ada sekitar 52 sudah beroperasi sudah termasuk yang lima diawal. Kemudian 104 SPKLU dari PLN, sementara target dari DJK ada 196,” katanya di Gedung DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (31/10)

“Saya pikir dengan kolaborasi yang baik ini, ketika tadi Pemprov Jabar melakukan kajiannya hanya di daerah Bodebek, ternyata DJK sudah memetakan untuk seluruh Jabar ada 196,” sambungnya.

Kata Ai, Pemprov Jabar mendapatkan bantuan 104 SPKLU dari PLN sehingga mempercepat proses penambahan stasiun pengisi.

Adapun 104 SPKLU itu akan diletakkan di 92 titik di kantor PLN Unit Layanan Pelanggan se-Jabar, 7 titik di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan, 3 titik di Kantor Pemda, 1 titik di Istana Bogor, dan 1 titik di jalur selatan Banjar.

“PLN sudah masuk 104 (SPKLU). Saya pikir ekosistem di Jabar ini untuk kendaraan listrik sudah siap,” tuturnya.

Dirjen Ketenagalistrikan menargetkan 196 SPKLU bakal ada di seluruh wilayah di Jawa Barat. Adapun saat ini jumlah SPKLU yang ada baru berjumlah 151 unit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News