Puluhan Desa di Purwakarta Naik Kelas

Selasa, 25 Oktober 2022 – 15:40 WIB
Puluhan Desa di Purwakarta Naik Kelas - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Purwakarta, Jaya Pranolo. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terus berupaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi yang positif dan berkelanjutan melalui program pembangunan desa.

"Ini jadi bagian dari tujuan menyejahterakan masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Purwakarta, Jaya Pranolo, Selasa (25/10).

Dia mengatakan program pembangunan desa menjadi bagian dari upaya menyejahterakan masyarakat pedesaan.

Hal itu juga menjadi bagian dari langkah dan strategi untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi yang positif dan berkelanjutan.

"Untuk pelaksanaan program pembangunan desa diperlukan ketersediaan data dasar yang dipetakan dalam Indeks Desa Membangun (IDM). Tentu saja hal itu juga tidak terlepas dari dukungan semua unsur masyarakat," katanya.

Menurut dia, pada tahun ini di Purwakarta ada peningkatan status 25 desa berkembang menjadi desa mandiri.

Purwakarta, lanjutnya, kini naik status menjadi kabupaten maju secara nasional. Sebelumnya Purwakarta masih berstatus kabupaten berkembang.

"Kenaikan status kabupaten dari berkembang menjadi maju tidak lain karena sebanyak 25 desa di Purwakarta naik statusnya menjadi desa mandiri di tahun 2022. Selain desa mandiri ada 81 desa di Purwakarta yang statusnya menjadi maju di tahun yang sama," kata Jaya.

25 desa di Purwakarta naik kelas menjadi desa mandiri. Selain desa mandiri, 81 desa di Purwakarta juga naik kelas menjadi desa maju di tahun yang sama.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News