Penjelasan Mohammad Idris Ihwal Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius di Depok

Minggu, 23 Oktober 2022 – 12:40 WIB
Penjelasan Mohammad Idris Ihwal Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius di Depok - JPNN.com Jabar
Wali Kota Depok Mohammad Idris. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris angkat bicara ihwal kasus gagal ginjal akut misterius yang ada di Kota Depok.

Idris mengaku pihaknya masih mendalami penyebab gagal ginjal akut misterius yang membuat anak berusia 3 tahun di Kota Depok meninggal dunia.

"Kami masih mendalami kasus ini, untuk mengetahui apa benar gagal ginjal ini karena obat tersebut," ucap Idris, dikutip Minggu (23/10).

Kendati demikian, untuk mengantisipasi adanya korban-korban lain yang berjatuhan, untuk sementara waktu beberapa obat sirop harus dihentikan dulu peredarannya sesuai dengan anjuran BPOM.

Untuk penarikan beberapa obat sirop yang dianggap berhaya bagi anak, Idris menerangkan bahwa pihaknya menunggu kewenangan dari provinsi ataupun pusat.

"Untuk penarikan obat dari pasaran, hal itu kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Jika kami diperintahkan, kami siap melakukannya," kata Idris.

Idris mengatakan hampir setiap rumah sakit di Kota Depok sudah memberikan imbauan untuk tidak memberikan obat-obatan jenis sirop sesuai ketentuan BPOM.

“Di rumah sakit sudah diimbau dan diberi contoh bagaimana memberikan obat penurun panas pada anak tanpa menggunakan obat sirop," pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Wali Kota Depok Mohammad Idris angkat suara soal kasus gagal ginjal akut misterius yang membuat seorang bocah berusia 3 tahun meninggal dunia. Begini kata dia.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News