Keren! Kemensos Pamerkan 5 Inovasi Karya Penyandang Disabilitas

Kamis, 20 Oktober 2022 – 22:00 WIB
Keren! Kemensos Pamerkan 5 Inovasi Karya Penyandang Disabilitas - JPNN.com Jabar
Sejumlah penyandang disabilitas saat merakit tongkat penuntun adaptif kartini, di Sentra Terpadu Inten Soeweno, Cibinong, Kabupaten Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kementerian Sosial (Kemensos) RI memamerkan lima inovasi karya penyandang disabilitas pada Pertemuan Dasawarsa Penyandang Disabilitas Asia Pasifik 2013-2022 di Sentra Terpadu Inten Soeweno, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 19-21 Oktober 2022.

Kepala Sentra Terpadu Inten Soeweno, Muhammad Royani mengatakan pengembangan inovasi ini adalah langkah Kemensos untuk memberikan penunjang yang maksimal kepada para penyandang disabilitas.

"Dua tahun lalu Ibu Menteri memberikan arahan kepada 31 sentra. Mengingat banyaknya penyandang disabilitas yang perlu mendapatkan layanan, kemudian kami membuat layanan untuk penyandang disabilitas fisik," kata Royani, Kamis (20/10).

Lima inovasi yang menjadi unggulan Kemensos, yakni tongkat penuntun adaptif Kartini, sensor ketinggian air minum pada gelas, kursi roda multiguna, sepeda motor disabilitas, dan kelompok Difabel Siaga Bencana (Difagana).

Semua inovasi tersebut merupakan karya penyandang disabilitas dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penyandang disabilitas.

Royani mengaku bangga dengan inovasi yang dihasilkan oleh para penyandang disabilitas di 31 sentra milik Kemensos.

Menurutnya para penyandang disabilitas akan lebih percaya diri dalam beraktivitas karena terbantu oleh inovasi-inovasi tersebut.

“Karena itu adalah hal yang paling penting dalam pengembangan diri. Sejauh ini tak sedikit yang membuat gerak mereka (penyandang disabilitas) terbatas. Mereka seharusnya diberikan ruang untuk melakukan aktivitasnya,” ujar Royani.

Kementerian Sosial (Kemensos) RI memamerkan lima inovasi karya penyandang disabilitas di Sentra Terpadu Inten Soeweno, Cibinong, Kabupaten Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News