Ramai Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius, Pemkot Bogor Minta Dokter dan Apotek Hentikan Peresepan Obat Sirop

Kamis, 20 Oktober 2022 – 17:25 WIB
Ramai Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius, Pemkot Bogor Minta Dokter dan Apotek Hentikan Peresepan Obat Sirop - JPNN.com Jabar
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim. Foto: Dok Pemkot Bogor

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota Bogor mengimbau pemangku kebijakan di bidang kesehatan, khususnya dokter dan apotek serta toko obat untuk sementara waktu menunda pemberian obat sirop yang diduga dapat menimbulkan gagal ginjal akut misterius terhadap anak-anak.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan Pemkot Bogor telah melaksanakan instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait penghentian sementara penjualan obat sirop dengan segera melaksanakan imbauan melalui Dinas Kesehatan.

"Dinas Kesehatan Kota Bogor sudah diminta untuk memonitor perkembangan di lapangan sekaligus memastikan imbauan Kemenkes ditaati oleh semuanya," kata Dedie A Rachim, Kamis (20/10).

Dia juga mengimbau di samping sosialisasi di jajaran pemangku kebijakan kesehatan, masyarakat khususnya orang tua, harus hati-hati dan waspada agar tidak ada penyesalan mengenai kesehatan anak di kemudian hari.

"Bagi orang tua harus hati hati dan waspada agar tidak ada penyesalan bila gegabah tidak mengindahkan imbauan ini," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dr Sri Nowo Retno menyatakan hingga saat ini belum ada laporan kasus gangguan ginjal Acut Kidney Injury di Kota Bogor.

Sebagai langkah antisipasi, Dinkes sudah menyosialisasikan imbauan kepada pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan rumah sakit (RS) untuk tidak memberikan obat sirop kepada pasien sebelum ada kebijakan lain dari pemerintah.

"Kami sudah menerima surat dari Kemenkes dan sudah kami teruskan ke (fasilitas kesehatan) faskes RS dan puskesmas," katanya.

Ramai gagal ginjal akut misterius, Pemerintah Kota Bogor mengimbau seluruh dokter, apotek, serta toko obat untuk sementara waktu menunda pemberian obat sirop.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News