Polda Jabar Masih Mengkaji Draft SOP Pengamanan Sepak Bola

Senin, 17 Oktober 2022 – 12:15 WIB
Polda Jabar Masih Mengkaji Draft SOP Pengamanan Sepak Bola - JPNN.com Jabar
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) hingga kini masih menggodok draft standar operasional prosedur (SOP) pengamanan pertandingan sepak bola.

Adapun draft tersebut memuat 106 pasal yang mengatur pola pengamanan untuk penyelenggaraan pertandingan sepak bola di wilayah Jabar.

Adanya aturan ini diharapkan bisa membantu polisi dan petugas pengamanan untuk bertugas sesuai SOP yang sudah diatur.

“Tetapi masih ada beberapa uji yang harus dilakukan terkait dengan standar hukum, mekanisme serta uji publiknya,” kata Kabid Humas Polda Jabar di Bandung, Senin (17/10).

Ibrahim menyebut, isi dalam draft pasal tersebut mendukung untuk digunakan sebagai manajemen dalam pelaksanaan pengamanan pertandingan sepak bola.

“Secara umum di sana akan tercantum terkait masalah manajemen pertandingan secara umum, siapa berbuat apa dan saatnya kapan, itu kan diatur di dalam aturan tersebut. Jadi, ada SOP yang harus terbuat di dalamnya,” jelasnya.

Kendati demikian, Ibrahim belum bisa memastikan kapan draft tersebut akan disosialisasikan dan menjadi acuan dalam pengamanan.

“Jadi SOP ini kami susun dalam bentuk draft dengan mempertimbangkan segala aspek, nanti dari aspek yang ada itu akan kami susun lagi sebagai upaya untuk menerapkannya, misalnya apakah ini diterima,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menyampaikan perkembangan terbaru soal penyusunan draft SOP pengamana pertandingan sepak bola.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News