14 Titik Bencana Kepung Kawasan Puncak Kabupaten Bogor

Senin, 10 Oktober 2022 – 12:45 WIB
14 Titik Bencana Kepung Kawasan Puncak Kabupaten Bogor - JPNN.com Jabar
Ilustrasi longsor. Foto: JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor mencatat ada 14 titik bencana yang tersebar di enam desa di wilayah Puncak, Cisarua, Bogor yang mengalami banjir bandang dan longsor pada Minggu (9/10) malam.

"Bencana banjir dan longsor itu terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di kawasan Puncak Bogor," kata Camat Cisarua Kabupaten Bogor, Ivan Pramudia, Senin (10/10).

Bencana banjir dan longsor tersebut terjadi di Kampung Pesanggrahan Desa Citeko, Kampung Pasir Panjang Desa Jogjogan, Desa Batulayang, Desa Cibeureum, Desa Tugu Selatan.

Kemudian, sembilan titik di Desa Kopo, yakni tiga titik di Kampung Cijulang, dua titik di Kampung Muara, dan empat titik di Kampung Cidokom.

Dia menyebutkan peristiwa bencana alam itu mengakibatkan kerusakan fasilitas milik warga yang jumlahnya hingga kini masih dihitung. Tetapi dia bersyukur karena tidak ada korban jiwa saat kejadian.

"Korban jiwa nihil, kerugian materil hingga kini masih dalam penghitungan," kata Ivan Pramudia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yani Hassan menyebutkan bahwa Kabupaten Bogor sudah menetapkan siaga bencana hingga akhir tahun sejak apel kesiapsiagaan bencana pada akhir September 2022.

"Melalui apel siaga kami terus memantapkan kesiapan, mengingat curah hujan yang tinggi di Oktober dan November ini," katanya.

Pemerintah Kecamatan Cisarua mencatat sebanyak 14 titik bencana terjadi di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, pada Minggu (9/10) malam.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News