Siap-siap, Akhir Tahun Ini Pemkab Cianjur Bakal Menggelar Dua Festival Akbar

Minggu, 09 Oktober 2022 – 16:50 WIB
Siap-siap, Akhir Tahun Ini Pemkab Cianjur Bakal Menggelar Dua Festival Akbar - JPNN.com Jabar
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur, Jawa Barat, akan mempromosikan obyek wisata baru salah satunya Situs Batu Rompe di Kampung Adat Miduana, Kecamatan Naringgul, Cianjur.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur, tengah fokus meningkatkan angka kunjungan wisatawan dengan menggelar festival bunga dan seni budaya Maenpo berskala nasional untuk menarik minta wisatawan lebih lama berlibur di Cianjur di akhir tahun.

Kepala Disbudpar Cianjur, Pratama Nugraha mengatakan kedua festival tersebut akan digelar pada November dan Desember, sebagai upaya mendongkrak kembali angka kunjungan yang ditargetkan dapat mencapai 1,9 juta selama satu tahun.

"Sampai akhir September 2022, angka kunjungan wisatawan ke Cianjur sudah mencapai 70 persen lebih atau di angka 1,5 juta wisatawan didominasi wisatawan dalam negeri. Di akhir tahun kami targetkan angka tersebut akan lebih ketika digelarnya dua festival berskala nasional ini," katanya, Minggu (9/10).

Pratama menjelaskan festival bunga akan digelar di wilayah Cianjur utara tepatnya di Kecamatan Cipanas, sebagai upaya mendongkrak wisatawan dalam dan luar negeri, sedangkan festival seni budaya Maenpo akan di gelar di pusat kota Cianjur tepatnya di Taman Alun-alun Cianjur.

Pihaknya menargetkan 800 ribu wisatawan akan memadati kedua acara yang juga akan dipadukan dengan promosi tempat wisata baru dan diisi dengan ratusan stan produk unggulan UMKM yang ada di Cianjur, sehingga target angka kunjungan selama satu tahun di angka 1,9 juta akan melampaui target.

"Kami perkirakan perputaran uang selama kegiatan festival bisa mencapai puluhan miliar, sehingga untuk tahun depan kami akan menaikkan target kunjungan 2,4 juta wisatawan berlibur ke Cianjur. Untuk festival bunga kami akan mengundang pembudidaya dari berbagai kota/kabupaten," katanya.

Selama kegiatan tersebut, tambah dia, pihaknya juga akan merangkul semua pelaku pariwisata di Cianjur, untuk ikut serta memeriahkan acara dengan memberikan potongan harga bagi wisatawan yang datang agar bisa bermalam di Cianjur.

"Kami juga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Disbudpar Jabar, agar kegiatan ini dapat masuk dalam agenda tahunan pariwisata Jabar dan pusat," katanya. (antara/jpnn)

Demi meningkatkan angka kunjungan wisatawan di 2022, Disbudpar Cianjur siap menggelar Festival Bunga dan seni budaya Maenpo.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News