Uu Ruzhanul Ulum Melepas Ekspor Ubi Cilembu ke Hongkong Senilai 300 Ribu USD

Minggu, 09 Oktober 2022 – 16:16 WIB
Uu Ruzhanul Ulum Melepas Ekspor Ubi Cilembu ke Hongkong Senilai 300 Ribu USD - JPNN.com Jabar
Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melepas ekspor Ubi Cilembu senilai 300 ribu USD ke Hongkong. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melepas ekspor Ubi Cilembu senilai 300.000 dolar Amerika Serikat ke Hongkong.

"Ekspor hari ini adalah salah satu jawaban kepada dunia bahwa Indonesia ekonominya sudah pulih setelah Covid-19," kata Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Minggu (9/10).

Ubi Cilembu asal Sumedang tersebut diekspor oleh PT Sinar Agro Cilembu, salah satu perusahaan binaan Dinas Industri dan Perdagangan Jabar dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar.

Selain ubi, beberapa komoditas seperti kopi, tanaman hias dan manggis, batok kelapa, cokelat bubuk, dan komoditas agro lain juga dikirim ke luar negeri.

"Insyaallah tidak berhenti hanya pada hari ini. Ke depan akan datang jutaan dolar ke Jawa Barat yang diterima dari penjualan produk pertanian maupun perkebunan Jabar yang dijual ke luar negeri," kata Uu.

"Mudah-mudahan Jabar semakin pulih ekonominya, kesejahteraannya meningkat dibingkai dengan keimanan dan ketakwaan," lanjutnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, Iendra Sofyan mengatakan pelepasan ekspor Ubi Cilembu merupakan upaya Pemprov Jabar memanfaatkan peluang ekspor dari sektor UMKM.

Saat ini pelaku UMKM yang bisa ekspor baru mencapai 2 persen, itu pun masih melalui jasa eksportir yang berbiaya tinggi sehingga mengurangi keuntungan pelaku UMKM.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melepas ekspor Ubi Cilembu ke Hongkong, katanya itu tanda ekonomi Jawa Barat mulai pulih.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News