Hamdalah, Desember 2022 Pemprov Jabar Siap Bangun Tol Khusus Truk Tambang di Bogor

Kamis, 06 Oktober 2022 – 14:25 WIB
Hamdalah, Desember 2022 Pemprov Jabar Siap Bangun Tol Khusus Truk Tambang di Bogor - JPNN.com Jabar
Ilustrasi tol. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Tol khusus truk tambang sepanjang 13 kilometer yang menghubungkan Rumpin-Parungpanjang, Kabupaten Bogor akan mulai dibangun pada Desember 2022.

"Rencananya Desember tahun ini mulai groundbreaking (peletakan batu pertama) oleh Pak Gubernur Ridwan Kamil," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra.

Menurut dia, pembangunan jalan tol yang akan terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III itu skema pelaksanaannya dikerjasamakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan pihak swasta.

Suryanto menyebutkan tol khusus truk tambang ini didesain dengan memiliki banyak pintu masuk yang lokasinya dekat dengan tempat pertambangan.

"Titiknya dari Cigudeg. Nanti ada lima pintu masuk mendekati lokasi tambang, sehingga mengurangi potensi truk-truk pengangkut tambang itu melintas di jalan umum," kata Suryanto.

Setiap pintu masuk tol akan digunakan untuk transporter beberapa perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bogor.

"Di sana itu ada sekitar 30 izin usaha tambang. Jadi nanti masuk ke tol, tembus ke JORR III," katanya.

Pembangunan jalan khusus truk tambang ini merupakan janji Ridwan Kamil kepada masyarakat, yakni mengatasi sejumlah permasalahan akibat banyaknya truk tambang yang melintas di jalan arteri wilayah barat dan utara Kabupaten Bogor.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) siap membangun tol khusus untuk hilir mudik truk tambang di wilayah Kabupaten Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News