Penanganan Stunting Jadi Kunci Utama Mewujudkan Generasi Emas Indonesia di 2045

Selasa, 04 Oktober 2022 – 21:15 WIB
Penanganan Stunting Jadi Kunci Utama Mewujudkan Generasi Emas Indonesia di 2045 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi imunisasi anak. Foto: GSK

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengajak masyarakat Kabupaten Purwakarta berperan dalam program percepatan penurunan stunting demi mencapai target zero stunting pada 2024.

"Pencegahan stunting harus dilakukan secara bersama-sama," kata Direktur Bina Kualitas Pelayanan KB BKKBN Kabupaten Purwakarta, Martin Suanta di sela sosialisasi percepatan penurunan stunting di Desa Kertajaya, Kecamatan Pasawahan, Selasa (4/10).

Dia mengatakan sebelumnya Presiden Joko Widodo telah menunjuk BKKBN sebagai koordinator dalam percepatan penurunan stunting.

Oleh karena itu pihaknya akan terus melakukan sosialisasi mengenai hal tersebut.

Meski demikian penanganan stunting di Tanah Air ini melibatkan sejumlah lembaga pemerintah, karena dibutuhkan kolaborasi.

Pada 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, yaitu jumlah penduduk Indonesia 70 persen dalam usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sisanya 30 persen penduduk yang tidak produktif (usia di bawah 14 tahun dan di atas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045.

Indonesia menjadi generasi emas pada 2045. Atas hal tersebut sejak saat ini tengah dipersiapkan untuk menuju generasi emas itu, salah satunya dengan penurunan stunting melalui target zero stunting pada 2024.

"Tahun 2045 Indonesia masuk generasi emas. Artinya, harus disiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul, SDM yang berkualitas. Tetapi bagaimana bisa mewujudkan generasi emas, SDM yang unggul dan berkualitas kalau masih banyak kasus stunting. Karena itulah dilakukan percepatan penurunan stunting," kata dia.

BKKBN mengajak masyarakat Kabupaten Purwakarta berperan aktif dalam program percepatan penurunan stunting demi mencapai target zero stunting pada 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News