Marwan Hamami Optimistis Bonsai Sukabumi Mampu Merambah Pasar Mancanegara

Selasa, 20 September 2022 – 16:40 WIB
Marwan Hamami Optimistis Bonsai Sukabumi Mampu Merambah Pasar Mancanegara - JPNN.com Jabar
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat meninjau pameran tanaman bongsai tingkat nasional tahun 2022 yang diselenggarakan di Lapang Canghegar, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar. (ANTARA/Aditia Aulia Rohman)

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Pemerintah Kabupaten Sukabumi optimistis tanaman bonsai yang dibudidayakan para penghobi dan pembudidaya tanaman hias asal Kabupaten Sukabumi bisa bersaing di tingkat nasional dan mampu merambah pasar ekspor.

"Tanaman bonsai yang dibudidayakan para penghobi tidak hanya sebatas hobi, karena tanaman hias yang satu ini mempunyai nilai ekonomi tinggi. Kami yakin bonsai dari Kabupaten Sukabumi kualitas dan keindahannya tidak kalah dari daerah lain di Indonesia, bahkan kami optimistis tanaman ini mampu merambah pasar ekspor," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Selasa, (20/9).

Marwan menegaskan Pemkab Sukabumi selalu turun tangan untuk membantu para pembudidaya dan penghobi tanaman bonsai dalam hal promosi maupun pemasarannya.

Salah satunya dengan menggelar pameran bonsai tingkat nasional yang berlangsung sejak 14 hingga 24 September 2022 di Lapang Cangehgar Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu.

Pameran ini pun diikuti sedikitnya 366 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, yang membuktikan bahwa peminat tanaman hias yang satu ini sangat tinggi dan tentunya harus dimanfaatkan oleh pembudidaya dari Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-152 Kabupaten Sukabumi tidak hanya untuk memamerkan produk bonsai dari berbagai daerah, tetapi bisa bertukar informasi dan tentunya bisa dijadikan tempat pemasaran dan promosi.

Maka dari itu, pihaknya terus mendorong para pelaku budidaya tanaman bonsai ini untuk meningkatkan kualitasnya dan bisa memenuhi keinginan pasar mancanegara baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil tanaman hias potong yang saat ini sudah diekspor ke berbagai negara baik di kawasan Eropa, Asia, dan berbagai negara lainnya.

Lewat pameran bonsai tingkat nasional di Lapang Cangehgar, Palabuhanratu, Pemkab Sukabumi optimistis Bonsai Sukabumi mampu merambah pasar ekspor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News