Ribuan Anak di Depok Jadi Sasaran Pemberian Imunisasi PCV

Sabtu, 17 September 2022 – 15:00 WIB
Ribuan Anak di Depok Jadi Sasaran Pemberian Imunisasi PCV - JPNN.com Jabar
Ilustrasi imunisasi anak. Foto: GSK

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan pemberian imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) secara gratis, dengan sasaran 3.600 anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati mengungkapkan, pemberian imunisasi PCV ini sudah dilakukan sejak 12 September 2022.

“Pemberian imuniasi PCV ini dengan sasaran bayi usia 2, 3, dan 12 bulan, dengan jumlah 3.600 sasaran,” ucap Mary saat dihubungi, Sabtu (17/9).

Dia menjelaskan, pemberian imunisasi PCV dilakukan dengan mempertimbangkan tingginya beban penyakit Pneumonia, serta adanya studi di Lombok sebagai baseline data serta rekomendasi dari WHO dan ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization).

“Imuniasi ini menjadi salah satu upaya terbaik dalam melindungi buah hati dari pneumonia,” tuturnya.

Untuk di Kota Depok, kata Mary, imuniasi PCV gratis ini sudah tersedia dibeberapa layanan kesehatan.

“Ini kami berikan secara gratis, di Posyandu, Puskesmas, dan layanan kesehatan atau pos vaksin yang sudah ditunjuk oleh Dinkes,” ujarnya.

Mary berharap, pemberian imunisasi PCV secara gratis dapat mencegah penyakit Pneumonia yang merupakan penyakit infeksi sangat endemis dan menjadi penyebab utama morbiditas serta mortalitas pada bayi dan balita di Indonesia.

Untuk mencegah pneumonia, 3.600 anak di Kota Depok menjadi sasaran pemberikan imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) secara gratis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News