Rapor Merah Pelayanan Kebersihan Pemkab Karawang

Selasa, 13 September 2022 – 15:05 WIB
Rapor Merah Pelayanan Kebersihan Pemkab Karawang - JPNN.com Jabar
Tumpukan sampah. Ilustrasi. Foto: Dean Pahrevi/JPNN

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang menyebutkan indeks pelayanan kebersihan di Karawang baru mencapai 47,6 persen.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang Wawan Setiawan mengatakan produksi sampah di Karawang cukup tinggi, rata-rata mencapai 1.200 ton per hari.

Semua produksi sampah itu tidak bisa seluruhnya diangkut. Sehingga sampah di sejumlah tempat pemungutan sementara (TPS) seringkali menumpuk.

Menurut dia sampah yang bisa diangkut setiap hari hanya sekitar 400 ton. Kondisi itu terjadi akibat keterbatasan armada pengangkut sampah.

Dia menyampaikan untuk mengoptimalkan pelayanan kebersihan dan menyadarkan masyarakat tentang menjaga kebersihan, pihaknya menggelar Gerakan Bersih-bersih (Geber), dengan menurunkan ratusan petugas kebersihan dan relawan.

"Mudah-mudahan melalui gerakan ini bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Gerakan bersih-bersih itu dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh.

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih, sebanyak 389 peserta melaksanakan apel di Lapangan Karangpawitan.

Indeks pelayanan kebersihan di Karawang baru 47,6 persen, hal itu karena dari 1.200 tan sampah harian yang dihasilkan warga baru 400 ton yang bisa diangkut.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News