Kabar Terkini Pasien Diduga Terpapar Cacar Monyet di Tasikmalaya

Senin, 12 September 2022 – 21:05 WIB
Kabar Terkini Pasien Diduga Terpapar Cacar Monyet di Tasikmalaya - JPNN.com Jabar
Ilutsrasi cacar monyet atau monkey pox. Foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

jabar.jpnn.com, TASIKMALAYA - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya Uus Supangat memastikan, kondisi pasien yang diduga terpapar penyakit cacar monyet di wilayahnya sudah membaik.

Meski sudah membaik, kata Uus, pihaknya masih memberikan penanganan medis untuk pasien tersebut, di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah dr Soekarjo Tasikmalaya.

"Kondisi pasien membaik," kata Uus di Tasikmalaya, Senin (12/9).

Uus menuturkan, pasien merupakan pelajar usia 17 tahun yang menjalani isolasi di rumah sakit karena diduga terjangkit cacar monyet dengan tanda-tanda demam dan terdapat bintik-bintik sejak Jumat (9/9).

Status pasien tersebut, kata Uus, dinyatakan suspek, belum positif cacar monyet karena masih menunggu hasil dari uji laboratorium untuk mengetahui secara pasti penyakit yang diderita pasien.

"Kami masih menunggu hasil lab dari pusat," katanya.

Dia menyampaikan, selama menunggu hasil uji laboratorium, pasien tersebut tetap menjalani isolasi dengan pengawasan ketat tim kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan seperti yang diberlakukan dalam penanganan Covid-19.

Selain itu, Uus menambahkan, pihaknya terus melakukan penelusuran dan riwayat perjalanan pasien untuk mendeteksi ada atau tidaknya penularan terhadap orang lain yang pernah kontak dengan pasien.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya Uus Supangat menyampaikan kabar terkini pasien diduga terpapar cacar monyet. Simak penjelasanya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News