Akibat Hubungan Seksual, Pasangan Sesama Jenis di Kota Bogor Terpapar Cacar Monyet

Senin, 04 Desember 2023 – 00:03 WIB
Akibat Hubungan Seksual, Pasangan Sesama Jenis di Kota Bogor Terpapar Cacar Monyet - JPNN.com Jabar
Sesama jenis. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor membenarkan informasi yang menyebutkan adanya temuan kasus cacar monyet atau monkeypox (Mpox) di wilayah Kota Bogor.

Total, ada dua orang laki-laki yang terpapar kasus cacar monyet ini. Di mana kasus ini juga sekaligus menjadi temuan pertama yang terjadi di Kota Bogor.

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno menuturkan terungkapnya warga terpapar kasus cacar monyet ini bermula adanya laporan dari puskesmas.

"Awalnya mereka melaporkan temuan ini, dan selanjutnya berkoordinasi dengan kami untuk dilakukan tatalaksana," kata Sri Nowo Retno baru-baru ini.

Kemudian petugas melakukan tatalaksana pengambilan spesimen, berupa spesimen swab orofaring, swab lesi, swab anal dan serum darah.

"Surveilans Dinas Kesehatan Kota Bogor selanjutnya mengirimkan sampel ke Laboratorium BKPK Jakarta,".

"Dan kedua kasus dinyatakan terkonfirmasi monkeypox setelah Laboratorium BKPK melakukan feedback hasil lab ke Dinas Kesehatan Kota Bogor," tambah Sri Nowo Retno.

Berdasarkan hasil penelusuran, kasus ini muncul bermula ketika kedua orang laki-laki dengan orientasi seksual LSL (Laki Seks Lelaki), memiliki riwayat kontak seksual dalam 21 hari terakhir sebelum munculnya gejala.

Dinas Kesehatan temukan kasus perdana cacar monyet atau monkeypox (Mpox) di Kota Bogor. Keduanya tertular akibat hubungan seksual sesama jenis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News