Car Free Night di Jalan Mangunsarkoro Jadi Ajang Promosi UMKM Cianjur

Minggu, 11 September 2022 – 11:35 WIB
Car Free Night di Jalan Mangunsarkoro Jadi Ajang Promosi UMKM Cianjur - JPNN.com Jabar
Car free night Cianjur, Jawa Barat, dipadati warga dan pelaku UMKM yang menjajakan produk unggulan setiap malam minggu di Jalan Mangunsarkoro.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN CIANJUR - Pemkab Cianjur menjadikan lokasi malam bebas kendaraan atau car free night di sepanjang Jalan Mangunsarkoro, sebagai ajang promosi bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produk unggulan yang mereka hasilkan.

Promosi itu merupakan upaya pemulihan ekonomi setelah terpuruk selama pandemi.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan setelah dua kali pelaksanaan malam bebas kendaraan di sepanjang Jalan Mangunsarkoro mulai dari perempatan Toko Shanghai sampai ke pertigaan Jalan Sinar atau lebih dikenal dengan kawasan kuliner Cianjur sepanjang 300 meter, dipadati pelaku UMKM dengan produk makanan hingga kerajinan tangan dari berbagai bahan.

"Pekan kedua jumlah pelaku usaha dan pengunjung terus meningkat, sehingga upaya menyediakan pasar langsung untuk pelaku UMKM dengan menggelar malam bebas kendaraan pada akhir pekan cukup menjanjikan. Perputaran uang setiap malam minggu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah di lokasi car free night," kata Herman.

Berbagai evaluasi lintas dinas yang ikut menggarap kegiatan tersebut dilakukan setiap pekan, sehingga berbagai peningkatan dan penambahan stan untuk pelaku usaha terus dibenahi agar malam bebas kendaraan menjadi ikon yang wajib dikunjungi wisatawan lokal dan luar Cianjur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Cianjur, Pratama Nugraha mengatakan kegiatan malam bebas kendaraan yang digulirkan sejak dua pekan yang lalu, tidak hanya menghadirkan pelaku UMKM yang memiliki produk unggulan di Cianjur, tetapi juga diramaikan pelaku seni dan budaya serta musisi lokal Cianjur guna menghibur pengunjung.

"Antusias warga untuk mengunjungi malam bebas kendaraan di Jalan Mangunsarkoro, terus meningkat. Bahkan di pekan ketiga ini, kami perkirakan angka kunjungan akan lebih dari 5.000 orang baik warga lokal maupun luar Cianjur. Berbagai kegiatan seni budaya akan lebih banyak menghiasi lokasi," katanya.

Malam bebas kendaraan di sepanjang jalan tersebut, akan terus dievaluasi setiap awal pekan, sehingga dapat menjadi pusat kunjungan bagi wisatawan lokal dan luar kota Cianjur.

Demi membangkitkan ekonomi pascapandemi Covid-19, Pemkab Cianjur gelar malam bebas kendaraan atau car free night di sepanjang Jalan Mangunsarkoro.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News