Gegara Hal Ini Pembahasan Revisi Perda RTRW Ditunda

Jumat, 02 September 2022 – 19:35 WIB
Gegara Hal Ini Pembahasan Revisi Perda RTRW Ditunda - JPNN.com Jabar
Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan. Foto : Dokumen Diskominfo Kabupaten Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan menyayangkan langkah DPRD Kabupaten Bogor yang menunda pembahasan revisi Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Itu amanat Undang-Undang, salah satunya soal cipta kerja itu didukung dan dilanjutkan dengan Perda RTRW. Kalau tidak dibahas akan bermasalah," ungkapnya, Jumat (2/9).

Menurutnya Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibuslaw didukung dengan adanya Perda RTRW, karena ada sekitar 70 peraturan pemerintah turunannya yang dilanjutkan dengan Perda RTRW di masing-masing daerah.

"Ini berdampak terhadap bagaimana PAD, pembayaran IMB, retribusi kan berhubungan dengan izin-izin itu. Apalagi sekarang pusat ini melarang mengutip anggaran PBB, BPHTB bilamana undang-undang itu belum dibuat Perdanya, sayang kami bakal rugi,” kata Iwan.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom menyebutkan bahwa pihaknya mencoret pembahasan revisi Perda RTRW karena alasan waktu yang sempit.

"Tidak semua perda dibahas tahun ini seperti usulan pada 2021, karena kami melihat efisiensi waktu juga. Apalagi kalau membahas perda RTRW yang membutuhkan waktu panjang bahkan bisa sampai bulanan atau tahunan," ucap Aan.

Menurut politisi Partai Golkar itu, dari berita acara terbaru yang dibuatnya, ada beberapa Raperda yang tidak masuk pembahasan.

Aan menyebutkan ada 11 Raperda yang akan dibahas, terdiri dari tiga Raperda reguler kaitan anggaran, empat Raperda sedang berjalan, lalu ada empat Raperda lainnya yang merupakan usulan dari Pemkab Bogor dan inisiatif DPRD.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menyayangkan langkah DPRD Kabupaten Bogor yang menunda pembahasan revisi Perda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News