80 Ribu Ton Gabah Dihasilkan Pemkab Purwakarta di Puncak Musim Panen Padi Tahun Ini

Jumat, 02 September 2022 – 15:45 WIB
80 Ribu Ton Gabah Dihasilkan Pemkab Purwakarta di Puncak Musim Panen Padi Tahun Ini - JPNN.com Jabar
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat mengikuti kegiatan puncak panen padi di daerahnya. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Puncak panen padi di Kabupaten Purwakarta pada Juli dan Agustus 2022 di atas lahan sekitar 12 ribu hektare menghasilkan 80 ribu ton gabah atau setara dengan 50 ribu ton beras.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta Sri Jaya Midan di Purwakarta mengatakan jika tidak terjadi perubahan angka produktivitas rata-rata, akan diperoleh hasil panen pada puncak musim kemarau ini sekitar 80 ton gabah kering giling.

Dia menyampaikan sejak beberapa waktu lalu, para penyuluh pertanian dan petugas pengendali organisme pengganggu tanaman telah melakukan pendampingan panen di berbagai tempat.

"Setiap hari laporan data ubinan panen padi masuk di seluruh kecamatan di Purwakarta, dan tercatat hingga hari ini telah masuk 40 data ubinan dari 38 kelompok tani yang tersebar pada 17 kecamatan di Purwakarta," katanya, Jumat (2/9).

Dari data-data yang telah masuk, diketahui rata-rata produktivitas padi di Purwakarta mencapai 66,8 kuintal gabah per hektare.

Untuk produktivitas padi terendah ialah 45,9 kuintal per hektare. Sedangkan produktivitas tertinggi 85,3 kuintal per hektare.

Kendati demikian, dia tidak memungkiri adanya serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) yang berpotensi menekan produksi tanaman pangan khususnya pada padi.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan produksi pada puncak musim panen itu cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan di Purwakarta selama 5,5 bulan.

Puncak panen padi di Kabupaten Purwakarta pada periode Juli dan Agustus 2022 hasilkan 80 ribu ton gabah atau setara dengan 50 ribu ton beras.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News