Hamdalah, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Kabupaten Purwakarta

Senin, 29 Agustus 2022 – 20:20 WIB
Hamdalah, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Kabupaten Purwakarta - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Purwakarta, Jaya Pranolo. ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta menyebutkan saat ini tidak ada desa di Purwakarta yang berstatus desa tertinggal dan sangat tertinggal.

"Berdasarkan data IDM (Indeks Desa Membangun), kini desa-desa di Purwakarta sudah masuk kategori desa maju. Tidak ada desa berstatus desa tertinggal dan sangat tertinggal," kata Kepala DPMD Purwakarta Jaya Pranolo, Senin (29/8).

Dia mengatakan dari 183 desa yang ada di Purwakarta, sebanyak 24 desa di antaranya berstatus desa mandiri, 75 desa maju dan 84 desa berkembang.

"Untuk desa tertinggal dan desa sangat tertinggal sudah tidak ada alias nihil. Pada 2020, kami belum memiliki desa dengan status desa mandiri, hari ini kami sudah punya 24 desa berstatus desa mandiri," katanya.

Untuk menyambut hal itu, Pemkab Purwakarta menggelar kegiatan peningkatan kapasitas bagi kepala desa se-Purwakarta.

"Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang sama bagi para kepala desa di Purwakarta untuk mewujudkan visi dan misi Purwakarta," kata dia.

Menurut dia, peningkatan kapasitas bagi para kepala desa di Purwakarta merupakan upaya pemkab untuk memberikan wawasan serta pemahaman kepada kepala desa, agar dapat mengantisipasi situasi dan kondisi global yang terjadi saat ini.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan kalau kegiatan itu merupakan kolaborasi DPMD Purwakarta dengan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Purwakarta.

DPMD Kabupaten Purwakarta menyebutkan saat ini tidak ada desa di Purwakarta yang berstatus desa tertinggal dan sangat tertinggal.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News