Diguyur Hujan Deras Kota Bogor Dilanda 37 Bencana

Selasa, 30 Agustus 2022 – 22:30 WIB
Diguyur Hujan Deras Kota Bogor Dilanda 37 Bencana - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau pemukiman warga yang terdampak bencana alam. Foto : Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat terdapat 37 titik bencana banjir, longsor dan pohon tumbang yang terjadi di Kota Bogor gegara curah hujan tinggi pada Senin (29/8).

Wali Kota Bogor Bima Arya terjun langsung untuk meninjau beberapa titik bencana alam tersebut.

Titik pertama yang didatangi yaitu longsor dan banjir di Bantarjati Kaum, RT 5, RW 10, Kecamatan Bogor Utara, yang menutup saluran air, dan menyebabkan banjir menggenangi hampir 100 rumah warga.

“Sejak Senin sore sampai malam Kota Bogor dilanda curah hujan yang sangat tinggi sehingga menimbulkan banjir lintasan dan longsor. Banjir lintasan memerlukan beberapa jam untuk membersihkannya, tetapi yang agak berat itu longsor,” ucap Bima Arya, Selasa (30/8).

Orang nomor satu di Kota Bogor ini mengatakan saat bencana terjadi petugas dari BPBD, Tagana, dan warga langsung gotong royong melakukan langkah-langkah penanggulangan utama.

“Langkah pertama yang dilakukan adalah evakuasi warga. Kedua, menyiapkan yang dibutuhkan oleh warga, seperti sembako, pakaian, tempat tidur, selimut, obat-obatan akan dikoordinasikan oleh dinas sosial dan BPBD,” ujarnya.

Bima Arya menjelaskan perbaikan jangka menengah pun akan dilakukan dengan menyiapkan alokasi anggaran dari Biaya Tak Terduga (BTT).

“Perbaikan jangka menengah adalah perbaikan fisik, dari DPRD juga tadi sudah meminta agar sesegera mungkin dialokasikan dari BTT. Saya akan koordinasikan terkait pekerjaan turap,” ujarnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengunjungi warga yang terdampak bencana di sejumlah wilayah yang ada di Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News