Lewat Lomba Masak Dinas ESDM Jabar Kenalkan Kompor Listrik Kepada Masyarakat

Minggu, 21 Agustus 2022 – 12:25 WIB
Lewat Lomba Masak Dinas ESDM Jabar Kenalkan Kompor Listrik Kepada Masyarakat - JPNN.com Jabar
Kegiatan lomba memasak menggunakan kompor induksi di pelataran Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, saat momentum HUT RI. ANTARA/Ajat Sudrajat

jabar.jpnn.com - Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Barat, Slamet Mulyanto S menyebutkan program konversi kompor elpiji ke listrik di wilayah Jawa Barat (Jabar) menyasar satu juta keluarga pada 2023 mendatang.

"Saat ini, kami telah mulai melakukan program konversi bagi 53 ribu keluarga sasaran. Mereka tersebar di Bandung, Tasikmalaya, Bandung Barat, dan Garut. Di tahun depan akan dinaikkan menjadi satu juta," katanya, Minggu (21/8).

Untuk lebih mengenalkan program ini kepada masyarakat, kata Slamet, pihaknya dan PT PLN IUD Jawa Barat menggelar sejumlah langkah seperti melaksanakan lomba memasak menggunakan kompor induksi di pelataran Gedung Sate Bandung saat momentum HUT Ke-77 RI.

Slamet menuturkan program konversi ini akan diprioritaskan bagi masyarakat tidak mampu untuk pemilik daya listrik 450 hingga 900 VA.

Nantinya, kata dia, warga yang masuk dalam program ini akan diberikan fasilitas meteran secara terpisah untuk penggunaan kompor listrik sehingga penggunaannya terukur dan terpantau.

"Istilahnya jangan sampai fasilitas yang sudah kami berikan, tetapi masih menggunakan kompor gas. Ini akan kami pantau terus penggunaannya," kata dia.

Dia mengatakan penggunaan kompor induksi sebagai upaya memaksimalkan energi terbarukan, di mana saat ini pembangkit listrik telah banyak menggunakan energi air.

"Berbeda dengan energi fosil yang akan habis dan cenderung mahal. Untuk gas sekarang sangat mahal, jadi, bagaimana kita gunakan energi domestik yaitu listrik, " kata dia.

Lewat perlombaan memasak nasi goreng, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Barat kenalkan kompor listrik kepada masyarakat
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News