Wujud Cinta NKRI, 75 Mantan Narapidana Teroris Mengikuti Upacara Kemerdekaan

Rabu, 17 Agustus 2022 – 22:17 WIB
Wujud Cinta NKRI, 75 Mantan Narapidana Teroris Mengikuti Upacara Kemerdekaan - JPNN.com Jabar
Sejumlah mantan narapidana kasus terorisme mengikuti upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Pesantren Hamalatul Quran, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (17/8). (ANTARA/HO-Pokja Tasikmalaya)

jabar.jpnn.com, TASIKMALAYA - Puluhan mantan narapidana kasus terorisme mengikuti upacara peringatakan HUT ke-77 RI di Tasikmalaya. Mereka, datang dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Direktur Identifikasi dan Sosial, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Brigadir Jenderal Polisi Arif Makhfudiharto mengatakan, kegiatan upacara itu merupakan inisiatif mantan narapidana kasus terorisme yang ingin membuktikan kecintaannya untuk Indonesia.

"Mereka sudah secara sadar menyatakan cinta kepada NKRI, mereka juga punya keinginan berkontribusi untuk membangun wilayah masing-masing," kata Arif di halaman Pesantren Hamalatul Quran, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (17/8).

Arif menuturkan, kegiatan yang melibatkan mantan narapidana kasus terorisme itu penting digelar dalam momentum HUT Kemerdekaan RI untuk kembali menguatkan nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, lanjut dia, upacara tersebut juga bagian upaya resosialisasi agar mereka dapat berkumpul bersama dengan berbagai kalangan masyarakat.

Sebelumnya, kata Arif, acara tersebut ingin menghadirkan lebih banyak peserta. Namun, karena keterbatasan tempat sehingga hanya 75 orang yang ikut dalam acara itu.

Dia mengungkapkan, alasan digelar di Pondok Pesantren Hamalatul Quran karena tempat tersebut memiliki nilai sejarah tersendiri.

"Mereka juga punya kesadaran untuk kembali mencintai NKRI, makanya kami gunakan tempat ini," katanya.

Sebagai wujud kecintaan terhadap Indonesia, sebanyak 75 mantan narapidana kasus terorisme mengikuti upacara HUT ke-77 RI di Tasikmalaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News