Proses Jual Beli Rumah, Pembeli Harus Perhatikan Ini

Senin, 08 Agustus 2022 – 20:47 WIB
Proses Jual Beli Rumah, Pembeli Harus Perhatikan Ini - JPNN.com Jabar
Samira Regency. Foto: Advetorial JPNN

jabar.jpnn.com, BEKASI - Jual beli rumah membutuhkan waktu yang cukup panjang dan proses yang agak rumit. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi first-time home buyer.

Beberapa tahapan harus dilalui, mulai dari mempersiapkan dana, mencari rumah yang cocok, mempertimbangkan penawaran harga hingga akhirnya closing.

Jika membeli rumah dengan skema pembayaran kredit, maka tahapannya pun lebih banyak lagi. Pembeli harus mengatur rencana keuangan jangka panjang.

Jangan sampai terjadi “besar pasak daripada tiang”. Pembayaran angsuran pokok, ditambah suku bunganya harus tetap lancar hingga masa tenor berakhir.

Mungkin terdengar berat ya? Namun jangan terlalu khawatir, walaupun demikian pembeli rumah pertama (dari developer) akan mendapatkan sejumlah keuntungan.

Apabila membeli rumah dari developer, Anda dapat mempersingkat waktu pencarian. Pasalnya, tak perlu survei harga tanah yang sesuai anggaran.

Beberapa developer juga sering memberikan kemudahan pembayaran uang muka. Selain itu, banyak jenis hunian dan pilihan tipe unit yang tersedia.

Tinggal memilih tipe unit yang sesuai kebutuhan dan tujuan jangka panjang. Apakah perlu rumah dalam kompleks biasa, one gate system, townhouse, dan sebagainya.

Jual beli rumah butuh waktu yang cukup panjang dan proses yang agak rumit. Hal ini jadi tantangan tersendiri, khususnya bagi pembeli baru.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News