Berjibaku dengan Covid-19, Cerita Nakes Honorer Sulit Di Tengah Pandemi

Jumat, 05 Agustus 2022 – 17:40 WIB
Berjibaku dengan Covid-19, Cerita Nakes Honorer Sulit Di Tengah Pandemi - JPNN.com Jabar
Tresna (38), tenaga kesehatan honorer asal Kabupaten Bekasi yang ikut aksi unjuk rasa (unras) di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (5/8). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ribuan tenaga kesehatan (nakes) honorer menggelar aksi unjuk rasa (unras) di halaman Kantor Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, pada Jumat pagi (5/8).

Mereka menuntut untuk segera diangkat ke dalam formasi Pegawai Pemerintah dalam Perjanjian Kerja (PPPK) atau bahkan ASN.

Kekhawatiran tenaga kesehatan (nakes) honorer semakin menjadi semenjak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menerbitkan aturan bernomor B/185/M.SM.02.03/2022. Aturan ini menegaskan akan menghapus tenaga honorer mulai 28 November 2023.

Ketakutan akan dipecat oleh perusahaan bila tak segera diangkat dialami oleh Tresna (38). Nakes di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi ini masih was-was menanti dirinya yang masih berstatus tenaga honorer,

“Takutnya nanti tidak diangkat dan bisa diberhentikan,” kata dia kepada JPNN.com di halaman Gedung Sate.

Tresna yang sehari-hari bekerja sebagai tenaga sosial kesehatan itu menyampaikan sulitnya bertahan di masa pandemi Covid-19.

Sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, nakes harus berhadapan langsung dengan pasien yang terinfeksi virus Corona.

“Selama Covid-19 kami pakai baju hazmat. Setiap hari berjibaku dengan pasien Covid-19, saya kerja di ruang operasi, yang operasi Caesar banyak banget dan kebanyakan itu terinfeksi. Mau gimana ya,” ujar dia.

Cerita tenaga kesehatan yang berjibaku dengan pasien Covid-19. Tuntut pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News