4 RW di Kecamatan Cibinong Bogor Masuk Proklim Tingkat Nasional 2022

Kamis, 04 Agustus 2022 – 20:52 WIB
4 RW di Kecamatan Cibinong Bogor Masuk Proklim Tingkat Nasional 2022 - JPNN.com Jabar
Potret salah satu RW di Kabupaten Bogor yang masuk dalam Program Kampung Iklim (ProKlim) tingkat nasional 2022. Foto : Dokumen Diksominfo Kabupaten Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Empat Rukun Warga (RW) di Kecamatan Cibinong menjadi lokasi penilaian Program Kampung Iklim (ProKlim) tingkat nasional 2022.

Sub Koordinator Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, M. Haris mengungkapkan proses verifikasi telah dilakukan sejak Senin (1/8) hingga Kamis (4/8).

Baginya ini merupakan bukti bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu perubahan iklim.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah kampung iklim di Kabupaten Bogor yang terus bertambah.

Empat lokasi yang menjadi penilaian ProKlim tingkat nasioal yakni, RW 8 Pabuaran Mekar, RW 5 Pabuaran Mekar, RW 9 Nanggewer, dan RW 11 Pondok Rajeg.

“Ini merupakan bagian dari upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, agar bisa membentuk masyarakat yang berketahanan iklim, swasembada pangan, memastikan ketersediaan air, dan membentuk jejaring,” ucap Haris, Kamis (4/8).

Dia mengatakan suatu pemukiman dinyatakan sebagai kampung iklim apabila warganya telah memiliki rasa kepedulian yang besar terhadap pengelolaan lingkungan, dengan cara bergotong royong mewujudkan lingkungan yang aman, nyaman dan indah.

“Maka diharapkan dengan adanya kerjasama dan dukungan dari semua pihak, kami bisa kembali mengharumkan nama Kabupaten Bogor tingkat nasional, khususnya melalui lomba ProKlim ini. Terlebih, tahun lalu kami berhasil memborong tiga penghargaan sekaligus pada ProKlim 2021,” ujarnya.

Empat RW di Kabupaten Bogor masuk dalam tahapan verifikasi ProKlim tingkat nasional dan memiliki peluang untuk memberikan contoh baik dalam pengendalian iklim.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News