Dinkes Pastikan Cacar Monyet Belum Ditemukan di Cianjur

Kamis, 04 Agustus 2022 – 19:10 WIB
Dinkes Pastikan Cacar Monyet Belum Ditemukan di Cianjur - JPNN.com Jabar
Sekretaris Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, dr Yusman Faisal. ANTARA/Ahmad Fikri

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Sekretaris Dinas Kesehatan Cianjur Yusman Faisal memastikan penyakit cacar monyet belum ditemukan di wilayahnya.

Meski begitu, masyarakat diharapkan tetap waspada dengan menerapkan pola hidup sehat dalam menjalahi kehidupan sehari-hari.

"Kami telah menerima laporan warga dari sejumlah wilayah di Cianjur selatan yang diduga terjangkit cacar monyet beberapa waktu lalu. Kami langsung melakukan konfirmasi dan dilakukan pengkajian, namun hasilnya sejumlah warga itu bukan terkena cacar monyet, tapi rabies," kata Yusman di Cianjur, Kamis (4/8).

Oleh karena itu, Yusman memastikan, hingga saat ini di Cianjur belum ditemukan kasus cacar monyet yang dapat menular melalui udara dan rawan menjangkit orang dewasa, anak-anak dan ibu hamil.

Sehingga, kata Yusman, pola hidup sehat dengan tetap menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah harus dilakukan untuk menghindari terpapar virus berbahaya.

Sedangkan untuk vaksinasi cacar monyet hingga sejauh ini belum ada karena pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Kemudian untuk rabies, lanjut Yusman, pihaknya sudah menyiapkan pusat pelayanan suntik rabies di sejumlah puskesmas yang ada di Cianjur.

"Kami sudah menyiapkan tempat di beberapa kecamatan untuk sentra suntik rabies guna memudahkan warga mendapatkan pelayanan dan penanganan cepat," katanya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur memastikan penyakit cacar monyet belum ditemukan di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News