Ini Sebab Capaian Vaksinasi Covid-19 Lambat di Majalengka

Senin, 25 Juli 2022 – 22:03 WIB
Ini Sebab Capaian Vaksinasi Covid-19 Lambat di Majalengka - JPNN.com Jabar
Ilustrasi vaksinasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka terus melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Majalengka, capaian vaksinasi saat ini untuk dosis pertama baru 94 persen, dan dosis ketiga atau penguat 26 persen dari target 1,047 juta jiwa.

"Vaksinasi dosis pertama memang belum mencapai 100 persen, karena terkendala berbagai faktor," kata Sekretaris Dinkes Kabupaten Majalengka Agus Susanto, saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (25/7).

Agus mengatakan, satu di antara penyebab lambatnya proses vaksinasi di Kabupaten Majalengka diakibatkan masyarakat yang memang enggan diimunisasi atau divaksinasi. Selain itu kondisi kesehatan juga menjadi faktor lainnya.

Untuk itu, kata Agus, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dengan pihak terkait guna mengejar capaian vaksinasi Covid-19, baik dosis pertama, kedua maupun ketiga.

"Upaya kami mengejar capaian vaksinasi yaitu dengan menggelar secara serentak, per puskesmas, datang langsung ke desa-desa, dan lainnya," tuturnya.

Agus menambahkan, sampai saat ini gerai vaksinasi Covid-19 masih terus dibuka, mengingat capaian vaksin di Kabupaten Majalengka, terutama dosis kedua dan ketiga masih rendah.

Dia menuturkan, untuk vaksinasi dosis kedua dari target 1,047 juta jiwa baru tercapai 813 ribu jiwa atau 77 persen, kemudian dosis ketiga baru 26 persen atau 277 ribu jiwa.

Rendahnya minat masyarakat menjadi salah satu penyebab lambatnya capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Majalengka.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News