Aqua Berkolaborasi dengan Kampung Adat Banceuy Membuat Desa Berbasis Ekowisata

Senin, 18 Juli 2022 – 22:04 WIB
Aqua Berkolaborasi dengan Kampung Adat Banceuy Membuat Desa Berbasis Ekowisata - JPNN.com Jabar
Desa berbasis ekowisata, Kampung Banceuy di Kabupaten Subang. Foto: Dok Aqua Subang

jabar.jpnn.com, SUBANG - Desa Wisata Sanca atau yang dikenal dengan Kampung Adat Banceuy, merupakan salah satu Desa Wisata yang berada di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Lokasi yang tidak jauh dari pusat pariwisata seperti Gunung Tangkuban Perahu dan Sari Ater, membuat Kampung Adat Banceuy cocok untuk dikunjungi di akhir pekan maupun hari biasa.

Selain dapat menikmati alam nan asri, para wisatawan juga bisa memperoleh suguhan kesenian tradisional, upacara adat, dan atraksi budaya Subang.

“Di Kampung Banceuy ini Pabrik Aqua Subang berkolaborasi dengan pemerintah daerah, kelompok tani, penyuluh pertanian, forum homestay, dan masyarakat setempat melakukan pengembangan ekowisata,” kata Koordinator CSR Pabrik Aqua Subang Rany Juliani dalam keterangan resminya, Senin (18/7).

Adapun kampung ekowisata adalah pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial, budaya, ekonomi masyarakat serta aspek pembelajaran dan pendidikan berdasarkan pada nilai-nilai lokal.

Suasana pedesaan yang sejuk, damai, dan nyaman ini membuat banyak siswa sekolah dan mahasiswa yang tertarik untuk berkunjung ke Kampung Banceuy.

“Banyak siswa-siswi dan mahasiswa datang dari berbagai kota menghabiskan waktu beberapa hari dengan menginap di rumah-rumah pendudukan yang difungsikan menjadi homestay,” ucap Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rohana Odeng.

Kata Rohana, para siswa ini banyak yang tertarik untuk belajar menanam padi dan mengembangkan tanaman-tanaman lain terkait dengan tugas di sekolah.

Aqua Subang berkolaborasi dengan Kampung Adat Banceuy membuat desa wisata berbasis ekowisata.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News