Waspada! BPBD Cianjur Ingatkan 8 Wilayah Ini Berpotensi Kekeringan Pada Bulan Agustus

Jumat, 15 Juli 2022 – 22:55 WIB
Waspada! BPBD Cianjur Ingatkan 8 Wilayah Ini Berpotensi Kekeringan Pada Bulan Agustus - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kekeringan. Foto: Antara/Kornelis Kaha.

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mencatat sebanyak 8 wilayahnya diprediksi akan mengalami musibah kekeringan mulai dari Agustus hingga Desember 2022.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, prediksi tersebut merupakan hasil dari rekomendasi dan informasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

"Setidaknya delapan wilayah di antaranya akan terancam kekeringan," kata Rudi di Cianjur, Jumat (15/7).

Dia mengatakan, hingga saat ini, sebagian kecil wilayah di Kabupaten Cianjur masih dilanda hujan dengan intensitas tinggi menjelang perubahan musim dari hujan ke kemarau, sehingga masih berpotensi terjadinya bencana alam.

"Saat ini sudah mulai memasuki peralihan musim hujan ke kemarau, sehingga sejumlah wilayah masih terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Kami menyiagakan relawan untuk memantau dan segera melapor jika melihat tanda alam akan terjadinya bencana," katanya.

Sedangkan saat memasuki musim kemarau, terdapat sejumlah wilayah yang diperkirakan akan mengalami kekeringan.

Di antaranya, wilayah utara, timur hingga selatan, mulai dari Kecamatan Cijati, Kadupandak dan Cibinong, Sukaluyu, Ciranjang, Bojongpicung, Haurwangi, dan Cikalongkulon.

Sejumlah wilayah diperkirakan akan terdampak mulai dari irigasi untuk persawahan dan air untuk kebutuhan rumah tangga.

Waspada! Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Cianjur ingatkan 8 wilayah ini berpotensi mengalami kekeringan pada bulan Agustus mendatang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News