Buntut Pemindahan IKN, Pemkot Bogor Fokus Kaji Pengembangan Wilayah

Jumat, 15 Juli 2022 – 15:45 WIB
Buntut Pemindahan IKN, Pemkot Bogor Fokus Kaji Pengembangan Wilayah - JPNN.com Jabar
Pemkot Bogor bersama dengan Unpak saat melakukan rapat koordinasi terkait kajian pengembangan dan pembangunan wilayah. Foto : Dokumen Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Fakultas Teknik Universitas Pakuan (Unpak) Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota melakukan kajian terkait pembangunan dan pengembangan wilayah dari aspek sosial, ekonomi, dan budaya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Rudy Mashudi mengungkapkan, ini merupakan kajian untuk mempersiapkan aspek-aspek terkait dengan Kota Bogor dalam jangka panjang, salah satunya untuk menyambut perpindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Kajian ini ditargetkan akan berlangsung sekitar tiga bulan, dan di akhir tahun nanti hasil kajian akan disosialisasikan.

"Hasil kajian ini nantinya akan digunakan untuk menentukan arah kebijakan Pemkot Bogor. Nantinya kebijakan ini akan diterapkan berdasarkan data, fakta, masukan akademisi dan analisis yang kuat," ujar Rudy.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pakuan Singgih Irianto mengatakan, pihaknya mendapat kepercayaan dari Pemkot Bogor untuk melakukan kajian pembangunan dan pengembangan wilayah dari aspek sosial ekonomi dan budaya, terutama di wilayah perbatasan kota dan Kabupaten Bogor.

"Kajian ini akan dilakukan selama tiga bulan, tim kajian berasal dari mahasiswa program studi perencanaan wilayah dan kota S1 dan S2 di Unpak," ujarnya.

Pada kajian ini, pihaknya akan melakukan survei langsung untuk mengetahui perkembangan Kota Bogor di masyarakat, melakukan studi, serta mengevaluasi kajian yang sudah ada.

"Hasilnya nanti berupa naskah akademik dan berupa rekomendasi yang bisa digunakan untuk kebijakan pengembangan wilayah Kota Bogor dari aspek sosial, ekonomi dan budaya," katanya. (mcr19/jpnn)

Pemkot Bogor bersama Fakultas Teknik Universitas Pakuan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota melakukan kajian untuk mengembangkan wilayah Kota Bogor.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News