Soal Wacana Penggabungan Depok Dengan Jakarta, Begini Penjelasan Mohammad Idris

Kamis, 14 Juli 2022 – 19:35 WIB
Soal Wacana Penggabungan Depok Dengan Jakarta, Begini Penjelasan Mohammad Idris - JPNN.com Jabar
Wali Kota Depok Mohammad Idris. Foto : Lutviatul Faauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris buka suara soal wacana masuknya Kota Depok ke Provinsi DKI Jakarta.

Orang nomor satu di Kota Depok itu mengatakan, sebenarnya ide penggabungan kota-kota penyangga DKI Jakarta sudah terjadi sejak lama, bahkan ide tersebut sudah ada sejak zaman Gubernur Sutiyoso.

“Dahulu idenya kalau tidak salah bernama megapolitan,” tuturnya, Kamis (14/7).

Kini ide tersebut kembali diperbaharui karena dirinya sangat merasakan persoalan konvensional di Jabodetabek yang tidak kunjung selesai.

“Sejak saya menjadi Wakil Wali Kota pada 2011, lalu Wali Kota periode pertama pada 2016, dan sekarang periode kedua, saya merasakan benar persoalan-persoalan konvensional di Jabodetabek tidak selesai-selesai,” kata Idris.

Sejauh ini penanganan permasalahan yang ada di daerah penyangga Jakarta seperti Bodebek sudah memiliki wadah tersendiri bernama BKSP yang diketuai oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Wadahnya sudah ada, sistemnya sudah ada, tinggal efektifitasnya saja," tuturnya.

Tidak hanya itu, Idris mengungkapkan terkadang antarwilayah dengan wilayah yang lain saling menyalahkan jika ada sebuah peristiwa.

Mohammad Idris sebut rencana penggabungan kota-kota penyangga Jakarta sudah direncanakan sejak lama, karena banyak masalah di Jabodetabek yang tidak selesai.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News