Demi Mengurai Kemacetan, Pemerintah Siap Bangun Tol di Kawasan Puncak Bogor

Senin, 11 Juli 2022 – 19:30 WIB
Demi Mengurai Kemacetan, Pemerintah Siap Bangun Tol di Kawasan Puncak Bogor - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kemacetan di Jalur Puncak Bogor-Cianjur. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor siap membantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengkaji lahan yang cocok untuk dijadikan sebagai calon jalan Tol Caringin-Puncak.

"Rencananya tahun ini tugas Pemkab Bogor membantu menunjukkan mana yang layak dan tidak (dilalui). Jadi, jalurnya belum final. Informasinya pra-FS (feasibility study) itu di 2023 nanti," ungkap Pelaksana tugas Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Senin (11/7).

Dia menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor siap mendukung rencana pembangunan jalan tol yang nantinya menghubungkan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dengan jalur Puncak Bogor-Cianjur

Iwan menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor juga akan menyesuaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) maupun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk mendukung pembangunan Tol Puncak.

"Kami siap mendukung, namanya juga program nasional. Nanti tata ruangnya, RDTR-nya disesuaikan, karena ini kan program strategis nasional. Ini mencakup empat kecamatan. Ketika revisi, nanti masuk revisi RTRW," terang Iwan.

Jalan tol tersebut bakal memiliki gerbang atau pintu keluar di wilayah Puncak. Sejauh ini, opsi pintu keluarnya ada di wilayah Megamendung dan Gunung Mas.

"Jadi, pemda diminta untuk membantu dalam mengarahkan jalurnya. Artinya ini juga tidak keluar dari jalur bisnis, jadi jangan khawatir jalur utamanya akan sepi," ujarnya.

Dia berharap, wacana pembangunan jalan tol ini memberikan solusi atas kemacetan Jalur Puncak yang selama 30 tahun ini hanya diatasi dengan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way dan sistem ganjil genap.

Pemkab Bogor siap membantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengkaji lahan yang cocok untuk dijadikan sebagai calon jalan Tol Caringin-Puncak.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News