Temukan Banyak Cacing Hati, Petugas RPH Buang 50 Kg Jeroan Sapi

Minggu, 10 Juli 2022 – 14:14 WIB
Temukan Banyak Cacing Hati, Petugas RPH Buang 50 Kg Jeroan Sapi - JPNN.com Jabar
Cacing hati di jeroan sapi yang ditemukan petugas pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom, Jalan Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Minggu (10/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Bandung menemukan adanya cacing pada sejumlah jeroan hewan kurban sapi yang disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) UPT DKP Kota Bandung di hari pertama Iduladha.

Kepala DKPP Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menuturkan dari 35 ekor sapi yang disembelih terkumpul 50 kg jeroan sapi yang diafkir (dibuang).

Puluhan kilogram jeroan itu artinya tidak layak dikonsumsi sebab mengandung bakteri yang berbahaya bagi yang mengonsumsi.

"Dari 35 ekor sapi ada sekitar 50 kg keseluruhan. Jeroan sapi itu terdiri dari bagian hati, jantung, dan paru. Paling banyak itu cacing hati yang biasa tumbuh di hati," ucap Gin Gin ditemui di RPH Ciroyom, Jalan Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Minggu (10/7).

Gin Gin menjelaskan, jeroan yang diafkir itu dimusnahkan dengan cara dikubur. Jeroan yang terinfeksi itu tidak boleh dikonsumsi, tetapi daging sapinya masih aman untuk dimakan.

"Kami periksa seberapa banyak menyebarnya, makanya itu bagian postmortemnya saja yang diafkir," tuturnya.

"Ini kami pisahkan dan tidak boleh yang dipotong ini diambil. Setelah diafkir, dipisahkan dan dikubur, tetapi dagingnya tetap aman dikonsumsi," tambahnya.

Untuk menjaga kehigienisan daging kurban, dianjurkan supaya daging segera direbus dengan air mendidih selama 30 menit.

Petugas potong hewan kurban menemukan adanya cacing hati di sejumlah jeroan sapi yang dipotong di RPH UPT DKPP Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News