Pemkab Cirebon Siapkan Duit Rp 1 Miliar untuk Penanganan Wabah PMK

Kamis, 07 Juli 2022 – 22:30 WIB
Pemkab Cirebon Siapkan Duit Rp 1 Miliar untuk Penanganan Wabah PMK - JPNN.com Jabar
Ilustrasi ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Foto: Dokumentasi Kementan

jabar.jpnn.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon serius dalam menangani wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Salah satu bentuk keseriusannya, yaitu menyiapkan anggaran Rp 1 Miliar untuk penanganan wabah PMK melalui anggaran belanja tidak terduga (BTT).

"Pemda sudah menyetujui adanya anggaran BTT sebanyak Rp1 miliar untuk penanganan PMK," kata Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Encus Suswaningsih di Cirebon, Kamis (7/7).

Encus mengatakan, semula pihaknya mengajukan anggaran Rp 6 miliar untuk penanganan wabah PMK, namun Pemerintah Daerah hanya menyetujui Rp 1 miliar.

Menurutnya anggaran tersebut akan digunakan untuk penanggulangan wabah PMK yang terus meluas yang membuat lebih dari 1.400 hewan ternak terjangkit.

Dia melanjutkan, anggaran tersebut nantinya akan digunakan pengadaan obat-obatan, dan kantin ya dilakukan lelang secara cepat, agar penanganan bisa maksimal.

"Kami akan lakukan lelang cepat untuk pengadaan, baik obat-obatan maupun hal yang berkaitan dengan penanganan wabah PMK," ujarnya.

Encus menambahkan, berdasarkan data terakhir, wabah PMK di Kabupaten Cirebon sudah meluas ke 23 kecamatan, dan itu sudah lebih dari 50 persen kecamatan terserang PMK.

Pemerintah Kabupaten Cirebon menyiapkan anggaran Rp 1 Miliar untuk penanganan wabah penyakit mulut dan kuku di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News