Masjid Al-Irsyad Satya yang Terinspirasi Ka'bah Masjidil Haram

Jumat, 01 Juli 2022 – 13:50 WIB
Masjid Al-Irsyad Satya yang Terinspirasi Ka'bah Masjidil Haram - JPNN.com Jabar
Bagian dalam Masjid Al-Irsyad Satya di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung. Foto: Situs resmi Kota Baru Parahyangan

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Menjadi salah satu ikon dari Kota Baru (Kotbar) Parahyangan, Masjid Al-Irsyad Satya menjadi primadona tempat ibadah ketika berkunjung ke wilayah Padalarang, Bandung Barat.

Masjid hasil desain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu merupakan salah satu karyanya yang paling tersohor.

Memiliki gaya arsitektur modern, tak menghilangkan nuansa Islami pada Masjid.

Pada Bagian dalamnya diletakkan batu besar berlafazkan Allah SWT yang disimpan di atas kolam air. Jemaah yang beribadah disana akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu indah.

Dikutip dari situs resmi Kota Baru Parahyangan, Masjid Al Irsyah Satya dimulai pembangunannya pada hari Senin, 7 September 2009 bertepatan dengan 17 Ramadan 1430 H (Nuzulul Quran), dan diresmikan pada Agustus 2010.

Tempat ibadah itu dibangun di atas lahan seluas 1 Ha yang menjaadi satu kesatuan tak terpisakan dengan Al-Irsyad Satya Islamic School, sebuah sekolah Islam Internasional yang ada di wilayah Kota Baru Parahyangan.

Bangunan masjid dapat menampung hingga 1.500 jemaah. Menurut Ridwan Kamil, bentuk masjid berupa kubus sederhana tersebut terinspirasi oleh Ka'bah yang ada di Masjidil Haram.

Fasad masjid ini merupakan susunan concrete block yang membentuk kaligrafi kalimah As-Syahadah.

Masjid Al-Irsyad Satya di Kota Baru Parahyangan yang maha karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki bentuk bangunan yang unik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News