Wabah PMK di Kabupaten Cirebon Semakin Meluas, Ribuan Ternak Terjangkit

Selasa, 28 Juni 2022 – 23:00 WIB
Wabah PMK di Kabupaten Cirebon Semakin Meluas, Ribuan Ternak Terjangkit - JPNN.com Jabar
Seorang dokter hewan menyiapkan vitamin saat memeriksa sapi terduga terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Cisurupan, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/6/2022). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa)

jabar.jpnn.com, CIREBON - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Cirebon semakin meluas. Total, sudah ada 22 kecamatan yang terdampak wabah PMK.

Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon mencatat, saat wabah PMK sudah menyerang sebanyak 1.356 ternak.

"Penyebaran PMK saat ini sudah mencapai 47 desa dari 22 kecamatan," kata Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Encus Suswaningsih di Cirebon, Selasa (28/6).

Menurutnya, penyebaran PMK di Kabupaten Cirebon termasuk cepat, karena hingga data terakhir jumlah hewan ternak yang terpapar mencapai 1.356 ekor dari berbagai jenis.

Namun, kata Encus, penyebaran wabah PMK didominasi ke ternak sapi dengan jumlah 1.168 ekor, yang terdiri dari sapi potong 1.143 dan sapi perah 25 ekor.

"PMK juga sudah menyerang domba dengan jumlah 10 ekor, dan kerbau 178 ekor," ujarnya.

Ia menambahkan, dari jumlah tersebut sebanyak 37 ekor dipotong paksa, tiga ekor mati, dan 245 ekor sudah dinyatakan sembuh, sedangkan sisanya masih dilakukan pengobatan.

Encus mengatakan, untuk mengatasi wabah PMK, saat ini Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon sudah mendapatkan vaksin PMK dengan jumlah 400 dosis.

Wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK sudah sangat meluas di Kabupaten Cirebon. Tercatta sudah 22 Kecamatan terdampak wabah PMK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News