Pemprov Jabar Siap Berikan Vaksinasi PMK untuk 70 Ribu Ternak Menjelang Hari Raya Kurban

Rabu, 22 Juni 2022 – 16:50 WIB
Pemprov Jabar Siap Berikan Vaksinasi PMK untuk 70 Ribu Ternak Menjelang Hari Raya Kurban - JPNN.com Jabar
Upaya melalukan pencegahan wabah PMK, di RPH Bubulak, Kota Bogor. Foto : Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan memberikan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada 70.000 ternak sehat di wilayah Jawa Barat.

Pemberian vaksin PMK ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit yang menyerang hewan ternak, khususnya menjelang Hari Raya IdulAdha.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, wilayahnya mendapat jatah vaksin dari pusat sejumlah 70.000 saja. Sedangkan, jumlah hewan ternak untuk kurban tahun ini mencapai 800.000 ekor.

“Selalu kurang pasti ya. Karena untuk kurban sendiri 800.000 ekor yang harus dipotong kemudian kami dikasih jatahnya hanya 70.000 hewan yang sehat,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (22/6).

Ridwan Kamil menuturkan, vaksin yang tersedia saat ini akan diberikan kepada hewan yang sehat. Sedangkan hewan yang sakit atau terpapar PMK akan dirawat dan diberikan pengobatan.

Khusus untuk hewan kurban, akan diberi tanda khusus agar konsumen bisa mengetahui hewan yang sehat.

“70.000 vaksin minggu ini akan disuntikkan ke hewan-hewan yang sehat. Kalau yang sakit gunakan obat dan sampaikan ke warga jangan khawatir. Pas mau kurban, lihat saja hewan punya sertifikat dan ditandakan dengan lempeng kuning pada kupingnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menambahkan, penanganan penyakit PMK hewan sama halnya dengan Covid-19.

Jawa Barat mendapatkan kuota 70 ribu vaksin PMK untuk hewan ternak menjelang hari raya kurban. Gubernur Jabar Ridwan Kamil sampaikan pesan penting.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News