Begini Komentar PT KAI Soal Pembukaan Paksa Perlintasan Rawa Geni

Selasa, 21 Juni 2022 – 18:10 WIB
Begini Komentar PT KAI Soal Pembukaan Paksa Perlintasan Rawa Geni - JPNN.com Jabar
Kahumas PT KAI DAOP 1 Jakarta Eva Cahirunisa. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Kahumas PT KAI DAOP 1 Jakarta Eva Cahirunisa angkat bicara soal pembukaan secara paksa perlintasan Rawa Geni yang telah ditutup oleh PT KAI beberapa waktu lalu.

Dirinya mengatakan, dalam hal ini PT KAI hanya sebagai operator yang ditugaskan untuk melakukan penutupan sesuai dengan undang-undang.

“PT KAI hanya sebagai operator, sesuai dengan amanat undang-undang di mana perlintasan liar itu harus ditutup. Kalaupun memang akan dijadikan perlintasan resmi harus ada perizinannya,” ucap Eva, Selasa (21/6).

Eva mengungkapkan, perizinan untuk membuat perlintasan resmi tersebut harus dilakukan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

“Tadi juga kami sudah mendengarkan apa yang menjadi permintaan dari warga, karena di sini juga tadi bicara akses jalan dan lain-lain. Untuk poin-poinnya sudah kami bahas dengan DPRD, kecamatan, dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan apa yang menjadi keinginan warga akan disampaikan dan dibahas kembali dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Direktur Keselamatan DJKA Kementerian Perhubungan.

Terkait perlintasan resemi, Eva menyebut kebijakan itu ada di DJKA Kementerian Perhubungan.

“Kalau itu kewenangannya bukan di kami, nanti ada di DJKA. Karena perizinan semua perlintasan jika dibutuhkan jalan yang memang harus bersinggungan dengan pelintasan, sesuai undang-undang maka harus ada perizinannya yang diajukan melalui DJKA Kementerian Perhubungan oleh pemerintah daerah,” terangnya.

PT KAI sebut hingga kini pihaknya masih terus melakukan diskusi terkait perlintasan Rawa Geni yang telah kembali dibuka secara sepihak oleh warga.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News