Lewat Program Warkop Sekolah, Pemkab Bekasi Optimistis Tekan Angka Pengangguran

Senin, 20 Juni 2022 – 12:10 WIB
Lewat Program Warkop Sekolah, Pemkab Bekasi Optimistis Tekan Angka Pengangguran - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan memberikan arahan dan instruksi saat rapat koordinasi membahas persoalan pengangguran bersama Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi dan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Ruang Rapat Bupati Bekasi pada Jumat (17/6/2022) ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

jabar.jpnn.com, BEKASI - Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi meluncurkan program Warkop Sekolah, yakni enam rencana aksi mengatasi permasalahan pengangguran melalui langkah strategis, konkret, terukur, terarah, dan tepat sasaran.

"Sesuai instruksi Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan yang dijadikan program prioritas 100 hari kerja beliau, Warkop Sekolah merupakan solusi permasalahan di klaster ketenagakerjaan," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi Suhup, Senin (20/6).

Dia menjelaskan program Warkop Sekolah meliputi pelatihan wirausaha mandiri berupa pelatihan hard skill yang membentuk keahlian atau kemampuan untuk melakukan suatu usaha.

"Di sektor ini kami optimalkan keahlian dalam membuat kain majun, digital marketing, servis elektronik, tenun batik, dan pembuatan keripik singkong," jelasnya.

Kemudian pelatihan kompetensi oleh UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi.

Pelatihan ini diselenggarakan unit pelatihan kerja dan lembaga pelatihan kerja. Peserta yang dinyatakan lulus akan diberikan sertifikasi kompetensi hasil kerja sama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Selanjutnya kajian pasar kerja dan UMKM dengan melakukan kajian terhadap kebutuhan pasar kerja serta kebutuhan kerja sama UMKM setiap perusahaan di Kabupaten Bekasi.

"Kajian ini dilakukan selama tiga bulan oleh tim yang terdiri dari unsur pemerintah, Apindo dan stakeholder ketenagakerjaan. Hasilnya menjadi acuan dalam penanggulangan pengangguran dan kemiskinan untuk jangka menengah dan jangka panjang," ucapnya.

Tekan angka pengangguran, Pemkab Bekasi keluarkan enam strategi jitu melalui program Warkop Sekolah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News