Tekan Penyebaran PMK, Pemkab Garut Mengusulkan Belasan Ribu Vaksin

Jumat, 17 Juni 2022 – 21:30 WIB
Tekan Penyebaran PMK, Pemkab Garut Mengusulkan Belasan Ribu Vaksin - JPNN.com Jabar
Petugas melakukan pengobatan terhadap sapi di Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

jabar.jpnn.com, GARUT - Sebanyak 13.330 ekor ternak di Kabupaten Garut diusulkan untuk mendapatkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK). Usulan tersebut telah diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut ke Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut Sofyan Yani mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu kedatangan belasan ribu vaksin PMK dari Pemerintah Pusat.

Menurutnya, vaksinasi dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah PMK di wilayah Kabupaten Garut meluas.

"Masih menunggu distribusi dari pusat, Garut mengusulkan untuk 13.330 ekor, prioritas sapi perah," Yani di Garut, Jumat (17/6).

Dia menuturkan, berdasarkan hasil laporan tim teknis kesehatan hewan di lapangan. Sebanyak 4.602 ternak bergejalan PMK telah dilakukan pengobatan.

Selain pengobatan, kata Yani, pihaknya juga berencana memberikan vaksinasi bagi hewan terjangkit PMK.

"Vaksinasi ini sangat penting mengingat terus terjadi penyebaran PMK hingga sebagian besar hewan ternak di Garut sudah terpapar," kata Sofyan.

DIa menyampaikan usulan vaksin PMK ke pusat itu sesuai dengan jumlah populasi hewan ternak, terutama sapi perah yang ada di Garut.

Pemerintah kabupaten Garut mengusulkan vaksin PMK untuk 13.330 ternak. Vaksinasi dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK semakin meluas.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News