Cegah Penyebaran PMK Jelang Iduladha, IPB Bentuk Satgas Khusus

Rabu, 15 Juni 2022 – 23:45 WIB
Cegah Penyebaran PMK Jelang Iduladha, IPB Bentuk Satgas Khusus - JPNN.com Jabar
Ilustrasi ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Foto: Dokumentasi Kementan

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Institut Pertanian Bogor (IPB) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian penyakit mulut dan kuku (PMK) yang terdiri atas 198 mahasiswa kedokteran hewan, untuk membantu tenaga medis memastikan kesehatan sapi, kambing dan domba menjelang Iduladha 1443 Hijriah di wilayah Jabodebek.

Ketua Satgas Pengendalian PMK IPB yang juga Dekan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB Prof. Deni Noviana mengatakan, ratusan mahasiswa kedokteran hewan itu sudah terbiasa melakukan pemantauan kesehatan hewan, sehingga diharapkan dapat membantu pengendalian PMK bagi pemerintah.

"Sebelum diterjunkan ke lapangan, Satgas PMK ini akan kami berikan pelatihan terlebih dahulu, walaupun sebenarnya secara umu mereka sudah siap," katanya, Rabu (15/6).

Prof Deni menyampaikan, 198 mahasiswa kedokteran hewan yang akan membantu pengendalian PMK di Jabodetabek itu melakukan pemeriksaan klinis kesehatan hewan menjelang hari H Idulkurban.

Tak hanya itu, pada hari H Satgas PMK IPB juga akan melakukan pemantauan bersama-sama tim pemantauan PMK dari pemerintah daerah, hingga ikut dalam proses penyembelihan hewan kurban.

Mereka juga akan memeriksa kelayakan daging dari hewan kurban yang baru saja dipotong, termasuk jeroan seperti hati dan lain-lain.

"Setelah itu, jika dipastikan ada daging yang kurang baik hal itu akan disampaikan ke pengurus DKM agar kemudian daging-daging itu harus dipisahkan. Kalau dagingnya yang baik tentu bisa didistribusikan," ungkap Prof Deni.

Menurut Prof Deni, Satgas Pengendalian IPB bisa ditempatkan selama dua hari pada Hari Raya Iduladha di daerah yang melaksanakan penyembelihan tidak hanya pada hari H.

Cegah penyebaran PMK di Jabodetabek, IPB bentuk satgas PMK untuk mengawasi kesehatan ternak menjelang Iduladha.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News