Pemkab Bogor Resmikan Kampung Herbal di Desa Pamegarsari

Rabu, 15 Juni 2022 – 18:35 WIB
Pemkab Bogor Resmikan Kampung Herbal di Desa Pamegarsari - JPNN.com Jabar
Peresmian Kampung Herbal sekaligus panen jahe merah, di Desa Pamegarsari Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Foto : Dokumen Diskominfo Kabupaten Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan TP PKK berkolaborasi dengan PT Bintang Tujuh dengan meresmikan Kampung Herbal, sekaligus panen jahe merah di Desa Pamegarsari Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Rabu (15/6).

Peluncuran Kampung Herbal di Desa Pamegarsari ini merupakan lokasi ke dua, sebelumnya Pemkab Bogor telah melaunching Kampung Herbal di Desa Bojongnangka, Kecamatan Gunungputri pada 2021 lalu, hasil kerjasama dengan PT Mitra Tata Lingkungan Baru.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan guna mendorong kesadaran masyarakat dalam memelihara lingkungan.

Selain itu, masyarakat di Desa Pamegarsari kegiatannya didominasi dengan bercocok tanam, memanfaatkan lahan pekarangan yang mereka miliki, serta memiliki kontur tanah yang cocok ditanami jahe merah.

“Saya lihat semua lahan kosong dimanfaatkan dengan tanaman, warga disini gemar menanam hingga akhirnya hampir tidak ada lahan kosong. Karena Kampung Herbal harus disesuaikan dengan basic masyarakatnya,” ucapnya, Rabu (15/6).

Baginya kegiatan masyarakat yang positif seperti ini dapat menjadi percontohan bagi masyarakat di desa lain untuk meningkatkan kesadaran dalam memelihara lingkungan.

Dirinya mengungkapkan, Kampung Herbal merupakan program luar biasa yang bisa diadopsi menjadi program Pemkab Bogor melalui bantuan Distanhorbun.

Karena selain bisa membangkitkan kebiasaan dan kesadaran masyarakat, juga dapat menambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman bermanfaat.

Mendorong masyarakat untuk memeliharan lingkungan, Pemkab Bogor dan TP-PKK berkolaborasi dengan PT Bintang Tujuh melaunching Kampung Herbal di Desa Pamegarsari.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News